Blogger Jateng

Di Film Kartun Jamur Tampak Tidak Berbahaya, Waspadalah

Pernah lihat film kartun luar negeri, di sana terlihat ada adegan tokoh yang memungut jamur di hutan atau kebun, kemudian memakannya atau memasaknya. Contohnya saja di serial Masha and The Bear episode Tha Grand Piano Lesson. INI SESUATU YANG BAHAYA!


Jamur itu banyak macamnya, dan banyak yang beracun. Takutnya setelah menonton kartun terebut, anak-anak yang belum tahu akan berpikir bahwa (semua) jamur  itu bisa dimakan. Dan di film kartun tampak enak sekali. Takutnya ketika ada cara outbond atau semacamnya di hutan atau perkebunan, lalu menemukan jamur dan lalu mengkonsumsinya.

Sebagai orang tua kita harus memberi pengertian kepada anak-anak kita. Menurut didikan orang tua saya, jamur di sekitar kita malah banyak yang beracun. Mungkin jamur liar yang bisa dimakan diantarany Jamur Kuping, lalu di desa saya ada istilah Jamur Wulan yang bulat besar dan rasanya mirip daging kalo digoreng, ada juga Jamur So yang tumbuh di batang pohon melinjo, berbentuk gumpalan kuning berisi padat mirip tahu.

Saya belum pernah ke luar negeri, apakah di sana jamur itu memang banyak yang bisa dimakan?