Blogger Jateng

Tips Kuras Radiator Espass

Tentang kuras radiator secara sederhana telah saya sajikan sebelumnya. Bagaimana untuk kuras yang lebih menyeluruh?

Bagaimana cara menguras air radiator ?
Siapkan 2 galon water coolant, atau 2 x 4 liter...weh...banyak amat ya.. bukan nya 1 galon aja cukup, malah sisa ?
Pastikan mesin dalam kondisi dingin, jangan pernah membuka tutup radiator dalam kondisi mesin panas...sudah banyak korbannya...
  1. Tutup sensor temperatur, tutup pembuangan air bawah radiator.
  2. Matikan mesin, setelah air radiator habis, buka lg sensor temperaturnya. biarkan sampai air habis..
  3. Isi melalui lubang mulut radiator air kran pakai selang, setelah penuh, nyalakan mesin, biarkan 2 - 3 menit. Jaga debit air yg keluar dan masuk agar seimbang...Kuras Radiator 2
  4. Buka sensor temperatur ( belakang mesin, dekat delko ) jangan kaget, air yg keluar lebih banyak dari air radiator, setelah habis, tutup kembali 2 atau 3 putaran sensor nya gak perlu di kencangkan.
  5. Buka tutup pembuangan (kanan bawah radiator) Setelah air habis keluar dari radiator lanjutkan...Kuras Radiator
  6. Buka tutup radiator.
  7. Copot selang bypass , isi water coolant sampai air keluar dari selang bypass, lalu pasang lagi selang bypass nya.
  8. Lanjutkan sampai air penuh ....start mesin, biarkan idle, tambahkan terus sampai permukaan radiator. Gas perlahan 1 - 2 rb rpm, biarkan idle lagi. Perhatikan apakah ada gelembung2 udara? Kalo nggak ada berarti sukses, kalo masih ada, lambaikan handuk putih ke kamera..........
Gelembung udara menandakan ada kebocoran, bisa jadi head silinder sudah melengkung (jangan bayangkan melengkung seperti sudut namun cuma ukuran dibawah 1 mm). Sukur kalo cuma masuk angin, diurut lagi dari selang T bisa diatasi.

Oh ya air 2 galon tadi untuk isi ulang radiator dan saluran-salurannya setelah di kuras. Total pengisian air coolant kalo mesin kosong kira2 5,5 liter, 1 liter buat di reservoir, total 6,5 liter, sisanya buat nambah2 sesuai kebutuhan...makanya perlu 2 galon / 8 liter

Jika slinder head melenting, sebenarnya tidak terlalu menakutkan, cukup bongkar separuh mesin, papas silinder headnya ke ahlinya, cukup 150 ribuan, ongkos bongkar 200 ribuan, tambah ganti paking, totlnya sekitar 400 ribuan lah.