Blogger Jateng

Tips Kuras Radiator Espass (Cara Sederhana)




Bersihkan radiator mobil bila sudah banyak terdapat semacam endapan berwarna coklat seperti lumpur. Jika dibiarkan akan menyumbat saluran dan juga membuat waterpump jadi seret. Kali ini dengan cara simpel, tanpa bongkar.


Buka tutup radiator, saluran-salurannya biarlah, namanya juga "cara simpel". Bersihkan tutup radiator dari endapan tanahnya.
Kuras radiator 02
Buang air radiatornya musti masuk kolong tengah. Buka tutup plastiknya.
Kuras radiator 03
Kuras radiator 04
Setelh dibuka air kecoklatan mengalir deras. Biarkan sampai habis dengan sendirinya.
Kuras radiator 04a
Ambil selang air, hidupkan kran, gelontor radiator dengan air dari selang, sampai air yang keluar dari pembuangan berwarna bening, pertanda kotorannya sudah habis.
Kuras radiator 05

Matikan keran, diamkan dulu sampai radiator kosong. Pasang tutup plastik penutup lubang bawah, isi lagi radiator dengan air keran, sampai penuh. Pasang tutup radiator, hidupkan mesin barang 5 menit, agar air bersirkulasi. Buka lagi tutup atas dan lubang pembuangan air, sooor biasanya kembali berwarna coklat. Gelontor lagi radiator dengan selang sampai air buangan jadi jernih.

Pasang lagi tutup bawahnya, isi air lagi, padang tutup atas, hidupkan mesin lagi, buka lagi, gelontor lagi.

Ulangi 2 atau 3 kali sampai yakin air lama sudah terkuras habis.
Diamkan dulu sampai kosong. Sementara itu lepas reservoirnya, cuci bagian dalam dan luarnya. Bisa pakai sikat gigi bekas, atau pembersih botol bayi agar endapan yang menempel di bagian dalam terlepas.
Kuras radiator 06

Pasang lagi semua, untuk tutup bawah jangan lupa diberi seal-tape agar makin kuat dan meghindari bocor.
Kuras radiator 07
Isi lagi radiator dan reservoir dengan air biasa, akuades, air buangan AC atau Coolant. Lihat ketika sudah penuh, jernih kan.
Simpel, namin jika dilakukan rutin 1 bulan atau 2 bulan sekali, dijamin tidak perlu sering-sering ke tukang korok. Ngirit.