Blogger Jateng

Jalan Hidup




Beberapa orang terlahir memiliki jalan hidup layaknya Jordy (balita yg nyanyi 'its tough to be baby'), macauley culkin (aktor 'home alone'), bobo ho (aktor cilik mandarin era 90an). Di usia yg sangat sangat muda mereka merengkuh sukses dan ketenaran. Tapi cobalah lihat sekarang di saat usia mereka sedang masa produktif justru mereka tenggelam dan hilang dari perhatian publik.



Ada beberapa orang yg terlahir memiliki jalan hidup layaknya mbah surip. Sejak muda hingga beranjak tua nyaris tak ada yg kenal dgn beliau dan karyanya. Justru saat menjelang senja dan diambang maut yg menjemput, kejayaan dan ketenaran menghampirinya.


Ada beberapa orang terlahir memiliki jalan hidup layaknya vincent van gogh. Sepanjang hidup karya karyanya nyaris tak dihargai, cemoohan dan cacian menjadikan dia depresi dan berakhir dgn bunuh diri. Tapi justru setelah dia meninggal, orang orang mulai tertarik dgn karya2nya dan mengapresiasikannya sbagai karya seni yg bernilai tinggi.

Kita tidak tahu kapan kesuksesan (duniawi) memeluk kita. Entah saat kita msh muda, entah saat dewasa, entah saat tua atau bahkan mgkn setelah kita meninggal baru orang mengapresiasi kehadiran kita di muka bumi.