Blogger Jateng

Tips Mobil Bekas, Beda Amenity Dengan Eleny




Suzuki Amenity adalah Hatchback keluaran Suzuki sebagai penerus Suzuki Forsa. Nah dengan ujud yang hampir sama, ada juga yang disebut Suzuki Eleny. Kalo tidak salah emblem atau sticker yang terpasang di dua mobil ini tetap Amenity.
RM Mergosari Mergo - Bigfoot2 
Nah kalo ada yang bertanya bedanya Amenity dengan Eleny bedanya dimana? Banyak yang menjawab, kalo Amenity itu 5 pintu sedangkan Eleny itu pintu. Padahal baik Amenity maupun Eleny sama-sama ada varian 5 dan 3 pintu. Untuk membedakan keduanya mari kita bertanya pada para penggemarnya.

Pertama dari Kaskus, di thread kaskus disebutkan demikian
1. Suzuki Amenity 5 doors (manual) diproduksi tahun : 1990-1992(pertengahan)
Amenity matic keluar hanya 6 bulan 1991 saja. dan kurang dari 15 unit yg tersebar.
2. Suzuki Amenity 3 doors produksi tahun : 1990-1992 non Power Window.
3. Suzuki Eleny 5 doors (manual) produksi tahun 1992-1994 Perbedaan pada bemper belakang. Plat ada di bawah dan stoplamp model baru di lengkapi dengan garnish tengah yang elegant (sama 5 door dan 3 doors)
4. Suzuki Eleny 3 doors (manual) produksi tahun 1992-1994 populasi yang tersebar Eleny aseli ini kurang dari 100 unit di Indonesia.

Yang kedua dari yahoogoups, di sana disebutkan demikian
  1. Amenity tahun 90-92, Eleny 92-94. Semuanya ada varian 3 pintu dan 5 pintu.
  2. Beda eksterior:
  3. lampu belakang (stop lamp), Eleny ada garnish tengah, bemper belakang beda (Eleny ada tatakan plat nomor, Amenity enggak). Di varian 3 pintu fog lamp + side skit + wing atas merupakan standar. Di 3 pintu Eleny ada wing tengah (di bagasi, bawah wiper).
  4. Beda interior: a.f.a.i.k. ga ada beda antara Amenity & Eleny. Tapi kalo beda antara 2 pintu n 4 pintu banyak: corak bahan interior, jok 2 pintu semi bucket, setir 2 pintu palang 3 sporty, 2 pintu ga ada power window.
  5. Beda velg: Amenity masih velg kaleng + dop, Eleny udah velg racing, tapi sama-sama R13.
Oya, 2 pintu a.f.a.i.k semuanya cbu (di faktur saya sih gitu ya, masuk utuh dari priok), populasinya sedikit. Kl 4 pintu CKD Kata orang indomobil, 2 pintu yg keluar resmi (karena ada beberapa unit yang tidak resmi untuk kepentingan balap) totalnya selama 4 thn hanya sekitar 1200 unit. Utk mesin, elektrikal, kaki2, rem, ga beda.

Agak rumit? Untuk simpelnya kita lihat bokong   stoplamp dan bumper belakang kedua macam mobil ini:
Amenity (4)

Amenity (3)
 Menurut keterangan di atas plat nomor ada di tengah stop lamp, berarti ini Amenity yang atas 5 pintu, yang bawah 3 pintu. Stoplampnya, sein dan lampu parkir ber aksen split menjadi 3 kotak dalam 1 kolom. Bumper belakang ada lubang melebar.

Eleny (1)


Eleny (5 
 Kalo yang ini Eleny, plat nomor ada di bumper, stoplamp modelnya baru, lampu parkir memanjang Gampang kan membedakannya kalo ketemu di jalan, tapi harus dari belakang. Kalo dari depan malah selain Amenity-Eleny ada juga Esteem yang sama.