Blogger Jateng

Tips Beli Mobil Bekas, Jangan Tertipu Foto




Membeli mobil bekas, sekarang bisa bermacam-macam caranya. Bisa lihat dari iklan, bisa getok tular, atau yang lagi marak iklan internet. Share pengalaman nih, kalo akan membeli mobil bekas, sebisa mungkin kita cek fisiknya secara menyeluruh, baik interior maupun eksterior. Apalagi kalo cuma lihat foto, JANGAN!
Mobil Bekas - Katana 01
Misal saya pernah hampir menebus Katana merah tahun 91 ini.

Pertama lihat dari luar, cukup mulus, sayangnya tidak bisa mendekat karena beada di garasi dan kuncinya dibawa yang punya, cuma lihat sepintas. Namun sudah berani nego harga, jangan ditiru!
Mobil Bekas - Katana 02
Tampak luar belakang juga masih top.
Mobil Bekas - Katana 03
Yang ini tahun 89 juga dari luar oke.
Nah ketika mau menge-golkan, saya ajak istri dan anak-anak untuk melihatnya.

Investigasi pertama tidak bisa mendekat, yang kedua ini bisa mendekat dan mengelus. Ternyata banyak goresan dan dempulannya jelas. Wajar sebenarnya kalo lihat umur, namun dengan harga yang ditawarkan seharusnya dapat yang lebih.

Mobil Bekas - Katana 04
Buka pintu, doortrimnya masih bagus.
Mobil Bekas - Katana 06
Dashboard juga tidak terlalu buruk, cuma pegangan depan yang khas jip ini sudah banyak yang gripis. Tidak masalah, maklum motuba!
Mobil Bekas - Katana 05
Nah sekarang waktunya buka-buka dalaman. Wah kulit jok sudah pecah-pecah, mulai ilfil deh. Buka karpet, walah keropos bolong-bolong tanpa treatment. Ilfil beneran, apalagi istri, langsung cemberut.Mobil Bekas - Katana 07

Tengok belakang, ban serep juga cuma pajangan.

Penjual (tepatnya calo) sudah nggak enak dilihat. Saatnya test drive! Alasan memilih Katana adalah karena anak-anak lihat punya sodara yang masih bagus dan tampak gagak dikendarai.
Test drive, anak-anak duduk di belakang. Cuma 1 kilometer memutar, mereka langsung bilang "Nggak enak duduknya!"
Akhirnya gagal deal Katana merah. Bahkan Katana dihapus dari pilihan setelah anak-anak merasakan duduk di bangku belakangnya.
TELITI SEBELUM MEMBELI! Baik kondisi maupun tipe yang kita pilih. Banyak cari referensi, tanya orang yang pengalaman, dan tidak ada salahnya gabung group Motuba!