Blogger Jateng

Tips Mobil : Solusi Overheat Daihatsu Zebra (1)

Espass Overheat

Banyak yang bilang bahwa Zebra itu mudah/sering overheat, padahal overheat bisa terjadi pada mobil apa saja, baik mobil baru atau mobil yg sudah uzur. Semua bisa terjadi apabila melupakan faktor Perawatan. Yang perlu di ingat adalah, semua komponen, pasti ada masa pakainya. Bisa pendek atau panjang tergantung perawatan nya.
Radiator Espass sistem

Radiator menganut sistem sirkulasi air tekanan tinggi,untuk melakukan sirkulasi air di system pendinginannya dalam hal ini, segala bentuk kebocoran sekecil apapun tidak di perbolehkan, artinya toleransi nya adalah Nol.
Perhatikan beberapa komponen berikut :
  1. Pastikan Radiator dalam kondisi bersih tanpa ada sumbatan atau endapan lumpur. Korok radiator untuk memastikan nya.
  2. Pastikan Tabung reservoir air bersih dari kotoran dan endapan, pastikan air cadangan ini berada di level atas, jangan diisi penuh. Kontrol level air tiap bulan atau setiap 1000 - 2000 km.Radiator Espass sistem 2
  3. Pastikan Tutup Radiator masih dalam keadaan baik. Karet atau per nya agar mampu bekerja dengan baik.
  4. Pastikan selang radiator atas atau bawah masih keras , biasanya kalau panas suka kempes / kempot.
  5. Pastikan water pump masih baik, belum bunyi ngorokwater inlet
  6. Pastikan selang bypass T tidak mampet, yg ke manifold atau ke pipa inlet, pastikan pipa inlet atau niple nya tidak kropos.
  7. Jangan Pakai air mineral untuk mengisi air radiator, Gunakan water coolant.
Beda Coolant dengan air 

Tes rendaman paku kiri dengan air biasa kanan dengan water coolant. karat tidak timbul pada paku yang direndam water coolant