Blogger Jateng

Tips Memasang Tempat Ban Serep Model Kerekan (Seperti Kijang)



Ini adalah mekanisme pemegang ban serep model kerekan rantai yang diputar. Alat semacam ini secara bawaan dari pabrikan paling mudah bisa kita temui di mobil kijang (super, grand, kapsul). Ternyata seorang pemilik Daihatsu Zebra S89 di Semarang : Budi Cahyono,  bisa mengaplikasikannya ke mobilnya.

Zebra Kerekan Ban Serep 0



Dudukan ban serep kolong biasanya berbentuk seperti ini:
dudukan ban serep
Dirubah menjadi seperti ini:
Zebra Kerekan Ban Serep

Berikut langkah pengerjaanya:
  • Buat mal untuk lokasi tempat gantungan menggunakan kertas karton. Karton dibentuk sesuai dasar rumah kerekan.
  • Setelah mal jadi, tempatkan di posisi dimana kita akan menempatkan posisi rumah kerekan. Tandai kemudian lubangi dengan mengebor lantai mobil.
Zebra Kerekan Ban Serep 2-3
  • Pasang dengan benar kerekan di lubang yang kita buat tadi.
Zebra Kerekan Ban Serep 4a
  • Selanjutnya kita buat lubang di bagian belakang, untuk jalan masuk batang pemutar kerekan.
Zebra Kerekan Ban Serep 5-6
  • Ban serep siap dipasang.
Zebra Kerekan Ban Serep 8ed
  • Setelah selasai, pintu belakang kita tutup lubangnya terlindung.
Zebra Kerekan Ban Serep 7ed

Harga kerekan : 150 ribu. Selain model rantai, ada juga model pengikat berupa sling. Kebetulan ini Om Budi memasang sendiri, jadi tidak ada biaya pemasangan. Sayangnya besi engkolaannya tidak dijual sepaket, kalo yang ini bikin sendiri, melibatkan tukang las tentunya. Bisa mencontek punya Kijang