Ini adalah mekanisme pemegang ban serep model kerekan rantai yang diputar. Alat semacam ini secara bawaan dari pabrikan paling mudah bisa kita temui di mobil kijang (super, grand, kapsul). Ternyata seorang pemilik Daihatsu Zebra S89 di Semarang : Budi Cahyono, bisa mengaplikasikannya ke mobilnya.
Dudukan ban serep kolong biasanya berbentuk seperti ini:
Dirubah menjadi seperti ini:
Berikut langkah pengerjaanya:
- Buat mal untuk lokasi tempat gantungan menggunakan kertas karton. Karton dibentuk sesuai dasar rumah kerekan.
- Setelah mal jadi, tempatkan di posisi dimana kita akan menempatkan posisi rumah kerekan. Tandai kemudian lubangi dengan mengebor lantai mobil.
- Pasang dengan benar kerekan di lubang yang kita buat tadi.
- Selanjutnya kita buat lubang di bagian belakang, untuk jalan masuk batang pemutar kerekan.
- Ban serep siap dipasang.
- Setelah selasai, pintu belakang kita tutup lubangnya terlindung.
Harga kerekan : 150 ribu. Selain model rantai, ada juga model pengikat berupa sling. Kebetulan ini Om Budi memasang sendiri, jadi tidak ada biaya pemasangan. Sayangnya besi engkolaannya tidak dijual sepaket, kalo yang ini bikin sendiri, melibatkan tukang las tentunya. Bisa mencontek punya Kijang