Blogger Jateng

Tips Agar Suzuki Skywave Empuk

Skywave Mine 001
Suzuki Skywave shockdepannya kurang enak, terlalu keras, rebound juga keras. Ternyata ada tips buat mengatasinya, yaitu dengan mengganti per shockbreaker dengan kepunyaan Vario, disertai dengan menambah volume olinya menjadi 55 atau 60 ml. Jangan lupa, menurut grup Skywave owner club, panjang per Vario yang dipakai juga disesuaikan dengan panjang per Skywave.
Tips lengkapnya nya ada di SINI atau SINI


SHockbreaker Depan Skywave

MOTOR Plus pernah membahas sokbreker depan Honda Vario dan BeAT yang keempukan. Sehingga per dan oli di dalam tabung mesti diganti dengan pegas Honda Karisma yang lebih keras.
Kejadian terbalik dialami Skywave. Kompresi (tekanan) juga rebound (tendangan balik) peredam kejut skubek Suzuki jauh lebih keras. Bahkan dengan Skydrive yang masih varian Suzuki, konon sangat terasa bedanya.

“Dari pengalaman dan pengujian, hasilnya sok depan Skywave terbukti lebih keras sedikit dibanding Skywave. Sehingga bantingan atau redaman lebih keras dan bikin tangan cepat lelah,” ujar Moch. Faisal Hargono alias Hargo, kepala instruktur HMTC Bandung.
Biar pengendara Skywave kembali nyaman saat mengendarinya, Hargo pun coba mengganti komponen di dalam tabung terutama pegas dan olinya. Alhasil, redaman sok depan lebih nyaman tanpa mengubah bentuk juga diameter lubang di pipa suling.
Menurutnya, komponen penganti di dalam tabung sok yang cocok dan sudah pernah dicoba adalah pegas punya Honda Vario. Dan perggantian ini mesti diimbangi dengan menaikkan kapasitas oli standar dari 53 ml menjadi 55 ml.
“Setingan itu mampu menghasilkan rebound (tendangan balik) lebih stabil. Bahkan saat pipa menekan tabung, kompresinya tidak terlalu keras. Sebab per Vario lebih renggang dibanding Skywave yang sedikit rapat," jelas pria bertugas di Jl. Cibaduyut Raya, Gg. Siti Mardiyah No. 6, Bandung.
Disebutkan Hargo juga, harga per Vario selisihnya sedikit dari Skywave. Pegas Vario dijual di toko onderdil berkisar Rp 17 ribuan per batang, sedangkan per Skywave sekitar Rp 15 ribuan. Tinggal dikalikan dua deh harganya untuk dipasang pada kedua tabung.
Ulir Honda Vario lebih rapat di bawah (kiri). Copot ring klip agar pegas di dalam tabung bisa dikeluarkan dan diganti baru (kanan).
Prinsip pemasangan juga sama. Sepatbor dan tebeng depan lebih dulu dibuka. Lalu pegas dikeluarkan dari pipa dan tabung, caranya buka penutup dan ring klip pengunci di atas pipa tubular pakai tang lancip. Lantas pisahkan  dari segitiga untuk membuang oli hingga tuntas agar bisa diganti baru.
Setelah per asli dilepas, lanjut masukkan per Vario ke dalam tabung sok Skywave. Dilanjut memasukkan oli ke masing-masing tabung sesuai setingan awal yaitu 55 ml, sebelum pegas kembali ditutup dengan klip penguncinya.

“Volume oli juga bisa dikurangi atau dilebihkan sesuai beban dan kebutuhan pengendara. Namun dengan ubahan ini, tetap terjadi penambahan volume oli untuk menjaga kestabilannya,” tutup Hargo yang bisa di kontak lebih lanjut di nomor (022) 5403152. (motorplus-online.com)



Berdasarkan pengalaman saya Shock Skywave, kompresi (tekanan) juga rebound (tendangan balik) peredam kejut skubek Suzuki jauh lebih keras. Bahkan dengan Skydrive yang masih varian Suzuki, konon sangat terasa bedanya...

Saya membanding kan beberapa Varian , muali dari Varian Mio  (kecuali Xeon), Varian Vario (kecuali PCX) dan Kymco . ternta emang SW shock depan lebih keras ..

Agar Skywave kembali nyaman saat mengendarinya, saya pun coba mengganti komponen di dalam tabung terutama pegas dengan punya VARIO . Alhasil, redaman sok depan lebih nyaman tanpa mengubah bentuk juga diameter lubang di pipa suling.

Komponen penganti di dalam tabung sok yang cocok dan sudah pernah dicoba adalah pegas punya Honda Vario. Dan perggantian ini mesti diimbangi dengan menaikkan kapasitas oli standar dari 53 ml menjadi 60 ml.

Hasilnya  rebound (tendangan balik) lebih stabil. Bahkan saat pipa menekan tabung, kompresinya tidak terlalu keras. Sebab per Vario lebih renggang dibanding Skywave yang sedikit rapat.
Oh ya saya beli per ini hanya 26 rb / pasang ... cukup murah,,

Prinsip pemasangan juga sama. Sepatbor dan tebeng depan lebih dulu dibuka. Lalu pegas dikeluarkan dari pipa dan tabung, caranya buka penutup dan ring klip pengunci di atas pipa tubular pakai tang lancip. Lantas pisahkan  dari segitiga untuk membuang oli hingga tuntas agar bisa diganti baru.

Setelah per asli dilepas, lanjut masukkan per Vario ke dalam tabung sok Skywave. Dilanjut memasukkan oli ke masing-masing tabung sesuai setingan awal yaitu 53 ml-60ml , sebelum pegas kembali ditutup dengan klip penguncinya.

“Volume oli juga bisa dikurangi atau dilebihkan sesuai beban dan kebutuhan pengendara. Namun dengan ubahan ini, tetap terjadi penambahan volume oli untuk menjaga kestabilannya,” ...
oKE guys ... silahkan di coba ,,