Blogger Jateng

Satu Gunung Meletus Efeknya Begitu Besar

foto : tribunews

Mengutip perkataan seorang teman:
Satu gunung meletus, suasana mencekam sampai ratusan km jauhnya, awan hitam menggelayut, matahari enggan menampakkan diri, ini baru satu..bagaimana jika gunung-gunung meletus bersamaan? Maha besar Allah, Ampuni kami Ya Alah

Benar saja, yang barusan terjadi, ketika Gunung Kelud yang meletus melepaskan isi perutnya, efeknya bisa sangat jauh. Di Madiun yang berjarak kuranglebih 70 km, hujan pasir. Di Karanganyar yang berjark 150 km juga hujan pasir. Di jarak 200 km-a, sekitar Jogja, abu begitu tebalnya. Bahkan di Cilacap serta Pengandaran yang jaraknya 350 s/d 400 km abu vulkanik masih begitu mengganggu.

Di Jawa Timur selain gunung Kelud, ada juga gunung tertinggi di Pulau Jawa yaitu Semere yang masih aktif. Gunung lain yang terhitung aktif adalah Bromo, Welirang, Wilis, Raung dan Merapi (Banyuwangi). Jawa Tengah tidak kalah banyak, yang sangat aktif adalah Merapi, kemudian tetangganya yaitu Merbabu, ke barat lagi ada Sindoro, sumbing dan di wilayah barat ada gunung Slamet. Jawa Barat juga banyak gunung api aktif, misalnya Ciremai, Papandayan, Salak, Galunggung serta Tangkuban Perahu.

Jika satu gunung di Wilayah timur saja sudah menimbulkan gangguan setengah pulau Jawa, bagaimana jika Allah menetapkan tiga gunung, satu di timur, satu di tengah dan satu dibarat, lumpuhlah Pulau Jawa ini. Dan karena Jawa bisa dibilang nyawanya Indonesia, maka efeknya akan begitu besar.

Ternyata manusia itu sangat lemah. Indonesia juga sangat lemah. Apalagi dipimpin oleh orang yang lemah. Sangat lemah dengan tekanan dari negara kecil pun. Apalagi ditambah tekanan alam?

Wallahu A'lam