Blogger Jateng

Pengalaman Pertama Menangkap ODGJ

Beberapa hari ini lingkungan kampung kami resah, karena ada ODGJ yang bikin ulah. Kebetulan di wilayah kampung terdapat sebuah SD Negeri. ODGJ ini malam-malam menyusup ke area SD, nendang-nendang pintu sekolahan, sampai terdengar oleh penduduk yang rumahnya di belakang sekolah. Ketika dishare di beberapa grup WA, ternyata banyak cerita kalo ODGJ tersebut suka melempar batu ke orang, mendorong dan menendang siswa SD, menggoda cewek-cewek dan lain sebagainya.

Akhirnya malam hari warga dan Pokdar sepakat melakukan patroli, mencari keberadaan ODGJ yang punya kemampuan jalan cepat di atas rata-rata. Sambil menghubungi petugas yang berwenang menangkap dan menangani ODGJ. Bermodal komunikasi melalui HT, salah satu yang patroli berhasil menemukan ODGJ tersebut. Ketika kami bermaksud mengurungnya ternyata dia seperti tahu jadinya kabur, akhirnya kami mengikutinya berjalan, jangan sampai kehilangan jejak, sambil menghubungi Petugas Satpol PP.

Kami mengikuti ODGJ tersebut sejauh kurang lebih 2,5 km jam 9 malam, sambil terus berbagi tugas dan tetap berkomunikasi.

Akhirnya ODGJ yang bikin resah itu tertangkap, kami warga RT dan Pokdar merasa puas dan lega setelah sukses berperan dalam mengatasi masalah lingkungan kami sendiri.

Terimakasih Warga RT 3 RW 10 Gumilir, Pokdar RW 10, Satpol PP Kabupaten Cilacap, Trantib Kecamatan & Polsek Cilacap Utara