Blogger Jateng

MENCARI KEBAHAGIAAN HIDUP

Kita dapat mencari kebahagiaan hidup dengan melakukan 3 hal kecil berikut:

1. Memberi maaf kepada diri sendiri dan orang lain
Tidak semua yang kita inginkan dapat terpenuhi, maka maafkanlah diri kita karena tidak dapat memenuhi semuanya, maafkanlah diri kita dan orang tua karena kita tercipta dan terlahir menjadi seperti sekarang ini. Memberi maaf pada orang yang berbuat salah akan membuat kita ringan karena tidak mnyimpan dendam di hati.



2. Bersyukur dan berterimakasih dengan apa yang kita dapat
Syukurilah apa yang telah kita dapatkan waktu ini juga. Kita tidak usah marah dan bersungut-sungut bila hari sangat panas, karena itu perbuatan sia-sia yang tidak akan merubah keadaan. Jadi nikmati saja apa yang ada. Dunia ini cukup untuk semua orang tapi tidak cukup untuk orang serakah. Sifat serakah terjadi karena kita terlalu fokus pada apa yang kita inginkan, bukan pada apa yang kita miliki. Juga lebih melihat pada apa yang orang lain miliki dari pada apa yang kita miliki. Orang bijak mengatakan bahwa:"Kaya adalah kondisi dimana kita bisa memberi"

3. Memandang segala sesuatu adalah kecil
Jika memandang apa yang kita miliki adalah sesuatu yang besar, maka jika hal tersebut hilang maka kita akan kehilangan sesatu yang besar. Tapi jika kita anggap itu adalah hal kecil, maka kita ringan-ringan saja kehilangannya. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan bagi para kolektor barang-barang tertentu, agar jangan terlalu mengingat perjuangan dan kenangan dalam mendapatkan barang tersebut